google-site-verification: google754afdef06a94384.html Gabrielle's Brushes: 17 Bahan Alami Untuk Mendapatkan Kuku Sehat dan Terawat

Wednesday 6 November 2019

17 Bahan Alami Untuk Mendapatkan Kuku Sehat dan Terawat

Hello girls! Selamat datang.

Jadi di artikel ini aku akan memberikan informasi seputar bahan-bahan yang bisa kalian gunakan untuk merawat kuku secara alami sehingga kuku dapat tumbuh dengan sehat dan tetap terawat. Semoga informasi yang disampaikan dalam artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian yang ingin menggunakan bahan alami sebagai metode perawatan kuku.

Bagi wanita mempunyai kuku yang indah dan sehat juga merupakan dambaan disamping keindahan rambut dan kulit. Walaupun tidak semua wanita memperhatikan keindahan kuku mereka, namun jika tidak dirawat dengan baik maka akan menimbulkan penyakit sebab tangan dan kuku adalah sumber terbesar bersarangnya kuman. Oleh karena itu, kita harus secara rutin melakukan perawatan kuku guna menjaga kesehatannya dengan cara yang baik, benar serta aman.

Meski berbagai metode perawatan kuku sudah banyak ditawarkan, namun (sejak dulu) perawatan kuku juga bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tersedia di dapur bahkan gampang ditemukan. Mengapa penggunaan bahan-bahan alami terbilang merupaakan cara yang paling aman dalam merawat kesehatan rambut, dan kuku? Tentu karena bahan alami tidak mengandung zat kimia berbahaya, bahkan meski digunakan dalam jangka panjang penggunaan bahan alami ini tidak akan menimbulkan efek samping yang berlebihan.

Berikut beberapa bahan alami yang bisa kalian gunakan.

1. Minyak Zaitun
Minyak Zaitun merupakan minyak alami yang bisa dimanfaatkan untuk melembabkan kulit kering. Pada kuku, minyak zaitun juga memiliki fungsi yang sama yakni untuk melembabkan kuku dengan 2 cara berbeda.

Pertama, campuran minyak zaitun dengan madu dan telur. Kedua, sediakan minyak zaitun yang sudah dihangatkan, kemudian oleskan pada kuku lalu lakukan pemijatan kuku. Diamkan 15-20 menit dan bilas.

2. Petroleum Jelly
Petroleum Jelly merupakan satu produk multifungsi dari Vaseline. Selain digunakan untuk merawat rambut dan kulit, produk ini juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kuku agar tetap mengkilap. Cukup oleskan petroleum jelly sebagai pelembab untuk kuku minimal 2x seminggu.

3. Air Lemon
Air lemon selain bisa digunakan untuk kulit berminyak cenderung berjerawat, ternyata air lemon juga bisa digunakan untuk mengembalikan kuku yang kuning supaya kembali bersih dan segar serta menguatkan kembali kuku yang rapuh. Selain itu air lemon juga dapat membantu kuku agar terlihat lebih mengkilap.

Untuk hasil yang lebih optimal serta cepat mendapatkan warna kuku yang normal, lakukan metode ini maksimal 3x seminggu.

Cara menggunakannya dengan menyiapkan perasan air lemon (bisa juga dicampur dengan pasta gigi yang memutihkan) sebagai wadah untuk merendam kuku. Olekan pada kuku dan diamkan hingga kering lalu bilas dengan air hangat.

4. Bawang Putih
Bumbu dapur yang satu ini ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mempercantik kuku, agar kuku semakin kuat dan tidak mudah rapuh. Caranya dengan mengoleskan bawang putih yang sudah di parut dan dioleskan pada kuku, diamkan 5-10 menit sebelum dibilas.

5. Belimbing Wuluh
Selain baik untuk tubuh dan dapat dijadikan sebagai sayur, ternyata buah satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk merawat kuku, dengan membersihkan kotoran yang tertinggal di sela-sela kuku dan kulit luar sekaligus menguatkan kuku.

Caranya dengan mengoleskan belimbing wuluh pada kuku, diamkan beberapa menit dan bilas dengan air sampai bersih.

6. Buah Pepaya
Selain enak untuk dikonsumsi dan bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, ternyata papaya juga bisa dimanfaat untuk mendapatkan kuku yang indah. Caranya getah buah papaya dioleskan pada kulit luar kuku agar tidak mudah pecah dan mengelupas.

7. Lidah Buaya
Selain dapat digunakan untuk melembabkan kulit yang kering serta mempercantik rambut yang terlihat kusam, ternyata lidah buaya juga bisa digunakan untuk mempercantik kuku. Caranya gunakan gel lidah buaya dan oleskan pada kuku serta diamkan hingga mengering.

8. Garam
Selain digunakan sebagai bumbu dapur sebagai bumbu penyedap masakan, garam juga bisa digunakan untuk merawat kuku. Caranya didalam wadah ukuran sedang campurkan air hangat dan garam secukupnya. Rendam tangan sebatas pada jari-jari tangan didalam air rendaman garam tersebut. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bersihkan dengan air.

Merendam kuku dengan garam dapat membersihkan kuman yang menempel pada sela-sela kuku dan membuat kuku lebih mengkilap. Untuk hasil yang mengkilap lebih sempurna, amplas kuku dengan menggunakan alat manicure.

9. Membersihkan & Memotong Kuku
Cara ini merupakan cara yang paling sederhana dalam merawat kuku secara alami. Bahkan bisa dilakukan setiap 2 hari sekali bagi kalian yang tidak suka memiliki kuku yang panjang. Dengan memotong dan membersihkan kuku, selain kuku akan terlihat bersih juga kuku akan terhindar dari penyakit yang diakibatkan dari kuman yang bersarang pada kuku.

10. Kulit Semangka
Bagaimana cara memprosesnya? Kulit semangka yang sudah dipotong-potong (bagian putihnya) digosokkan pada kuku dan biarkan sampai air dari kulit semangka mengering. Lalu bilas dengan air.

11. Madu
Madu merupakan bahan herbal yang berguna untuk kesehatan dan juga kecantikan. Selain bisa digunakan untuk memerahkan bibir, madu juga berguna untuk merawat kuku dan menjadikannya lebih sehat dibandingkan sebelumnya. Kandungan berbagai vitamin dalam madu dipercaya bisa menjaga kesehatan kuku. Cara merawat kuku dengan madu adalah dengan mengoleskannya pada kuku, pijat selama 5 menit, diamkan selama 15 menit dan bilas menggunakan air. Lakukan secara teratur 3x seminggu.

12. Minyak Kelapa
Lemak jenuh yang terkandung dalam minyak kelapa sangat bermanfaat untuk membantu menguatkan kuku yang lemah dan rapuh. Lemak jenuh ini juga dapat mencegah berbagai jenis infeksi kuku.

Caranya panaskan minyak kelapa dan oleskan pada kuku. Pijat lembut selama 5 menit dan biarkan. Aplikasikan minyak ini sebanyak 2-3x sehari.

13. Cuka Apel
Asam dan berbagai vitamin baik yang terkandung dalam cuka apel dapat membantu melawan infeksi kuku. Caranya tinggal rendam kuku dalam larutan cuka apel yang sudah dicampurkan dengan air (dalam kadar yang sama). Terakhir, tekan kutikula dengan lembut, dan gunakan setiap hari untuk membuat kuku tampak lebih kuat.

14. Minyak Vitamin E
Minyak Vitamin E dapat menjaga kuku tetap lembab dan terhidrasi dan juga dapat membantu memperkuat dan memelihara kuku serta kutikula.

Gunakan minyak Vitamin E untuk memijat kuku selama 5 menit untuk membantu meningkatkan sirkulasi peredaran darah ke dasar kuku. Lakukan hal ini setiap hari sebelum tidur.

15. Tea Tree Oil
Selain digunakan untuk meredakan kuman penyebab jerawat, tea tree oil juga bersifat sebagai anti jamur dan antiseptic yang baik untuk kuku. Aplikasikan minyak ini secara langsung ke kuku 2x sehari. 

16. Makanan Mengandung Kalsium
Minum susu serta mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium dapat bermanfaat untuk memperkuat kuku. Makanan mengandung kalsium ini seperti makanan yang terbuat dari susu (keju, yoghurt), ikan pari, ikan sarden, kacang-kacangan serta biji-bijian, sayuran (brokoli, kangkung, bayam), buah (apel merah, strawbery, pepaya, nanas, mangga, alpukat, anggur, manggis).

17. Minum Air Putih
Diantara ke 16 bahan alami diatas, masih ada bahan yang paling mudah untuk dikonsumsi guna menguatkan kuku dari dalam dan menghidrasi kuku secara tepat yakni dengan mengkonsumsi air putih yang cukup. Hal ini dapat menolong supaya kuku tidak kering.

Itu dia beberapa bahan-bahan alami yang bisa kalian gunakan sebagai metode perawatan kuku. Jangan lupa untuk memberikan kritik dan saran kalian. Silahkan share juga artikel ini ke seluruh social media yang kalian punya agar artikel ini dapat berguna untuk orang lain. Tunggu update artikel selanjutnya!

Keep connect with me! 

Instagram : almasmakeup14
Youtube : Alma's Makeup

1 comment:

  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    ReplyDelete